Cara Menabung Dan Menghemat Pengeluaran Anda

Friday, May 11, 2012 5 komentar
Cara Menabung Dan Menghemat Pengeluaran Anda - Mungkin sedari kecil kita sudah sering melakukannya, dengan celengan yang terbuat dari tanah liat atau plastik biasanya itulah yang menjadi tempat kita mengumpulkan uang. Tetapi tidak hanya anak kecil saja loh yang harus menabung, bagi orang dewasa dan segala umur menabung itu adalah hal yang penting. Mengapa penting? karena dengan menabung kita bisa mendapatkan banyak hal yang bermanfaat, salah satunya disiplin dan yang paling penting kita bisa mempersiapkan masa depan kita yang mungkin kita sendiri tidak tahu bagaimana nantinya. Ya, mungkin anda pikir "Rejeki sudah ada ditangan tuhan, buat apa susah payah untuk menabung..". Ya mungkin tuhan sudah mengatur rejeki, namun tuhan juga tidak menyuruh anda untuk boros bukan?

http://2.bp.blogspot.com/-P1HvK3T1a4I/TwlMwyZ9JEI/AAAAAAAAAx0/gRnYAiUBUnk/s1600/rencanainvestasionline_menabung.jpg

ok, disini saya akan menshare Cara Menabung Dan Menghemat Pengeluaran untuk sobat yang kesulitan untuk menabung dan mengatur pengeluaran. Sebenarnya hal ini hal yang mudah, namun godaannya banyak, jika sobat tidak berniat serius untuk menabung pasti hal ini menjadi sangat sulit.

  1. Menabung di Awal Mendapatkan Uang
    Sulitnya seseorang untuk menabung adalah, orang tersebut ingin menabung jika uangnya ada sisa, jadi jika setiap bulan tidak ada sisa ya tidak jadi menabung. Jadi pertama-tama hitung pengeluaran bulanan sobat, baik untuk kebutuhan sehari-hari maupun kebutuhan yang tidak terduga, jika sudah kurangi uang yang sobat terima per bulan dengan pengeluaran bulanan sobat, hasilnya adalah uang yang harus sobat tabungkan. 
  2. Jangan Pernah Memikirkan Uang Yang Sudah Ditabung
    Memikirkan uang yang sudah ditabung membuat kita jadi ingin menggunakannya, jadi anggap saja uang tersebut sudah hilang atau tidak ada, jadi sobat tidak merasa ingin menggunakannya, karena sobat sudah menganggap uang tersebut sudah hilang.
  3. Simpan Uang Di Tabungan Berjangka
    Tabungan berjangka waktu mempunyai kelebihan bunga yang lebih tinggi dari pada tabungan biasa, namun jika sobat mengambil uang tersebut sebelum waktu yang ditentukan uang sobat akan dipotong denda dari tabungan tersebut. Nah, jika sobat sayang untuk mengambilnya maka sobat pasti akan berpikir kembali untuk mengambilnya. Jadi jika memang benar-benar diperlukan saja akan sobat ambil bukan?
  4. Targetkan Tabungan
    Menabung tanpa target adalah hal yang menyengsarakan, tidak percaya? Coba sobat bayangkan sobat harus menabung secara rutin bertahun-tahun tapi sobat tidak bisa menggunakan uang sobat tersebut. Sengsara bukan? Nah maka itu, sobat harus menargetkan uang yang akan sobat simpan, misalkan sobat ingin membeli mobil yang seharga 300juta, kemudian sobat rutin menabung sampai 300juta dan membeli mobil tersebut dengan uang tabungan, pasti ada kenikmatan sendiri kan untuk menabung.
  5. Beramal
    Menabung tidak hanya penting untuk di dunia, namun penting juga untuk kita menabung di akhirat, jadi jangan terlalu pelit dengan uang, sisakan 2,5% dari penghasilan sobat untuk orang-orang yang membutuhkan. Toh walaupun uang kita jadi berkurang, namun tabungan amal kita akan bertambah bukan? 
Ya mungkin hanya segitu saja yang bisa saya berikan, namun jika ada sobat yang punya trik dalam Cara Menabung Dan Menghemat Pengeluaran bisa juga sobat share pada komentar dibawah. Semoga bermanfaat :D
Label: ,

5 comments:

  1. Mari kita menabung untuk akherat dengan rajin bershadakoh :)

    ReplyDelete
  2. bikin inget pelajaran ekonomi jha sob,.."PRINSIP EKONOMI=NGIRIT"hehehe
    salam persahabatan

    ReplyDelete
  3. Terima kasih atas tips menabung ini mas, mulai sekarang saya akan coba tips ini.

    ReplyDelete
  4. Yup menabung itu penting untuk masa depan yang lebih baik..

    ReplyDelete
  5. Menabung itu awalnya aja yg susah,karena rintangannya adalah belajar menahan keingingan.. tapi bagi yg mampu melewatinya akan terbiasa dan akan sangat membantu untuk masa depan. NEXT GAIZ

    ReplyDelete

Berkomentarlah dengan sopan...
Anda sopan, kami segan...
Dan maaf, dimohon untuk tidak menaruh link hidup pada komentar. Jika terdapat, mohon maaf akan saya hapus. trimakasih :)

Member