Cara Memperbaiki Flashdisk Yang Tidak Terdeteksi atau Terbaca Komputer

Sunday, May 13, 2012 41 komentar
Cara Memperbaiki Flashdisk Yang Tidak Terdeteksi atau Terbaca Komputer - Flashdisk yang tidak terdeteksi atau terbaca oleh komputer biasanya mempunyai beberapa kemungkinan permasalahan. Seperti Driver USB yang belum diinstal , flashdisk yang disable atau mungkin juga kesalahan sistem pada komputer dalam membaca flashdisk. Akibat yang terjadi adalah flashdisk tidak mau dicopy filenya, atau mungkin flashdisk tidak bisa ter format. Nah pada kali ini saya akan memberikan solusi untuk menangani flashdisk yang tidak bisa terbaca atau terdeteksi di komputer tersebut dengan beberapa cara :

Install Driver USB

Permasalahan yang terjadi biasanya karena driver usb belum diinstal, hal ini terjadi biasanya setelah komputer di instal ulang ( inul )biasanya driver usb juga ikut terformat, dan untuk mengembalikannya kita harus mengsintall kembali drivernya.

Disable Device Manager

Permasalahan kedua adalah device manager yang di disable, jika begini kita harus mengembalikannya menjadi enable, untuk mengembalikannya yang harus kita lakukan adalah klik kanan MyComputer > properties > pilih tab hardware > device manager. Klik tombol (+) untuk membuka disk drive yang ada, kemudian pada drive yang ada tanda silang merah klik kanan kemudian pilih enable.

http://2.bp.blogspot.com/_uEXV6jdx-u4/TIHKuwxrqoI/AAAAAAAAAlg/-i4qRIhGDqc/s1600/device+manager.jpg

Menggunakan Software

jika ke dua cara diatas tidak berhasil, kita menggunakan cara terakhir untuk memperbaiki flashdisk yang tidak dapat terbaca komputer ini dengan software HP USB Disk Storage Format Tool yang bisa sobat download disini software ini bersifat gratis, jadi sobat tidak perlu membeli atau mencari sn nya, tetapi kelemahannya jika sobat menggunakan software ini adalah, data yang ada didalam flashdisk ikut terhapus. Karena software ini memperbaiki sekaligus memformat flashdisk.

jika ketiga cara diatas belum berhasil juga, berarti saatnya sobat mengucapkan selamat tinggal pada flashdisk sobat dan membeli flashdisk yang baru. hehehee...
Label: , ,

41 comments:

  1. maaf...mau tanya nih....flashdisk ku rusak(mungkin softwarenya) dan minta diformat...tpi aku butuh bgt data di dalemnya...apa ada cara untuk setidaknya mengopi data-data itu ato sekalian memperbaiki tanpa memformat....??...thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba gunaka EASEUS disk recovery... tanya saja sama mbah google dimana lokasinya..
      semoga membantu.. :)

      Delete
    2. pake recovery file

      Delete
  2. @anonim : udah coba cara2 di atas? susah juga sob, kalo ada data yang korup mah setau ane harus di format. itu juga kadang2 suka gak bisa bener lagi.. satu2nya cara ya beli flashdisk baru. itu sepengetahuan ane ya? tapi coba googling aja.. kali aja ada solusi lainnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas kalo flash disk nya tdk bisa ter format ato volumenya corrupted gitu gimana ya solusinya

      Delete
  3. gimaca setup hpusbdisk

    ReplyDelete
  4. download aj om soft getDataBack, hbs itu flasdisk boleh di format

    ReplyDelete
  5. mas kalo ada pesan USB Device Not Recognized apa caranya juga seperti ini?

    ReplyDelete
  6. tetep aja ga bisa nhe gan.. bingung

    ReplyDelete
  7. nice sharing,, aku jadi tau sekarang deh,, thanks

    ReplyDelete
  8. Flash disk ane udah bisa di format gan, tapi tetep aja ga bisa di buka malah minta format terus. Kira" gimana nya solusinya,

    ReplyDelete
  9. Flash disk ane udah bisa di format tapi tetep aja ga bisa di buka malah drive nya minta ngformat terus, gimana ya gan solusinya. Thx

    ReplyDelete
  10. mas kalo "USB device not recognized" tapi di lepi lainnya bisa kebaca itu kenapa mas?' ngatasinnya gimana? thx

    ReplyDelete
  11. mas kalo "USB Device Not recognized" tapi dicolokin ke lepi laen kebaca, la itu gimana?' cara ngatasinnya gimana mas? thx

    ReplyDelete
  12. kalo uda dicolokin, tapi tetp gak ada respon apa2 dari PC kita.

    uda coba ke 3 PC lain tp jg ttp gak bsa.

    gmna tu????????

    ReplyDelete
  13. bray kan gw punya flash disk saya tancapkan ke PC komputer yae gan bukan PC hp trus setelah saya tancapkan tidak ada efek sama sekali cuma ada tanda suara kalo flash disk tertancap sya lihat ke my computer tidak ada/tdk kelitan di my komputer bagaimana itu saya masih mencari di googling masih belum dapat saya mau tanya kamu ppa kkamu tau

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya jg uga kek g5t gmn sih caranya.dah berulang x saya coba2 tapi tetap uga kaga bisa

      Delete
  14. tank gan,,,ilmu nya,,,fd ku kbaca gy

    ReplyDelete
  15. maaf gan boleh saya ambil materi'y buat tugas? :)

    ReplyDelete
  16. Tapi, flashdisk nya udh dimasukkin, tpi ga nyala

    ReplyDelete
  17. mantep gan,
    makasih banget ya tutorialnyaa
    akhirnyaaa

    ReplyDelete
  18. punya ane juga kaga bisa?
    ada cara lain ga gan?
    sayang nie foto2'a....sejarah semua:(

    ReplyDelete
  19. tiap saya colokin ke pc kaga bisa malah semua flasdisk dah saya coba,,,,dah saya coba malah masih belum berubah masih enable...yg ada cuma suara aja yg bunyi tapi gak keliatan

    ReplyDelete
  20. problem FD ku:
    terbaca
    properties-nya ada
    tapi,, begitu meng-copy file ke dlamnya..
    eh,,, koq gak bisa?!
    T_T
    kompi ku langsung "macet" total, terpaksa "force shut down"..
    gmana caranya??!!
    ^_6

    ReplyDelete
  21. terima kasih gan, sangat bermanfaat, :)

    ReplyDelete
  22. klo sya sih saya format aja trus di recoveri...aku biasa pakek recuva....

    ReplyDelete
  23. aku punya falsh disk satu tera, dia bisa terima copy folder dan file folder tersebut, tetapi ketika folder dibuka file tersebut hilang jadi yg ada hanya nama2 folder tersebut tanpa isi, gimana cara ngatasinya ya..?

    ReplyDelete
  24. Mas Bro, sy punya flash disk satu tera giga, dia bisa mengcopy folder + file seperti normal tapi ketika dibuka yg ada hanya nama foldernya aja dan isinya kosong alias tidak ada file, gimana cara mengatasinya ya... trims banyak

    ReplyDelete

Berkomentarlah dengan sopan...
Anda sopan, kami segan...
Dan maaf, dimohon untuk tidak menaruh link hidup pada komentar. Jika terdapat, mohon maaf akan saya hapus. trimakasih :)

Member