Struktur Template Blog

Monday, February 27, 2012 0 komentar
Struktur Template Blog | Edit Template - Pada tulisan edit template blogspot ini saya akan memberikan pengertian tentang struktur template dari blogspot. Siapa yang tidak kenal blogspot ? Berdasarkan data blogspot adalah blog gratisan yang paling banyak dipakai orang. Bukan hanya di indonesia, tetapi banyak juga dinegara lain menggunakan platform ini.

Ya ngomong-ngomong tentang blog pastinya sobat ingin mempunyai blog yang bagus dan banyak pengunjung kan? jika ya, berarti sobat harus bisa mengedit template sendiri, atau jika memang malas sobat bisa menggunakan jasa pembuatan template blog, atau beli template blog premium. Kalo saya sendiri sih lebih nyaman untuk meng edit template blog sendiri dibanding harus menggunakan jasa, ya karena selera kita belum tentu kan sesuai dengan selera si pembuat jasa, walaupun si pembuat jasa sudah kita minta untuk membuat sesuai dengan pesanan, tapi pasti hasilnya mungkin akan kurang dimata kita.

Hmm.. membuat template | mengedit template blog sebenarnya tidaklah sulit. Sobat hanya membutuhkan keahlian dalam bidang html dan css saja, yang bisa sobat baca-baca tutorial css atau html gratis di internet. Jika sudah mempunyai cukup dasar css dan html kini kita kenal dulu struktur dari templatenya, agar memudahkan kita dalam peng-editan template blog. Kini kita lihat gambar dibawah :

http://2.bp.blogspot.com/_ALuJjudg6Rg/TVMPCchnGKI/AAAAAAAAC9E/Um-fD2KJn8g/template-structure.jpg 


Dan berikut ini adalah bagian-bagian dari struktur template blogspot :

  1. Body: block paling lebar yang merupakan badan dari template (pada dasarnya semua yang terlihat di layar komputer).

  2. Outer-wrapper: kotak ini melapisi bagian template (Body lebih mirip bagian luar template). Pada umumnya, kita membangun sebuah wrapper untuk menempatkan beberapa kotak lebih kecil di dalamnya. Kotak-kotak yang paling umum di dalam outer-wrapper adalah : header, content, dan footer

  3. Header: Kotak ini adalah bagian teratas dari blog (namanya sudah memperlihatkan dengan jelas. Tapi di dalam header kita punya sub-block lain-Header title block, Header description block, dan lainnya contohnya adsense banner, menu bar, dll. Jadi, untuk menggabungkan semua sub-block ini dalam satu kotak besar, kotak paling besar di bagian header biasanya Header-wrapper yang menggabungkan semua di dalamnya.

  4. Content: Di bawah header adalah content wrapper- pada dasarnya ini bagian terpenting dari semua block. Di dalam wrapper ini ada kotak-kotak sidebar (1,2 atau lebih) dan kotak utama ( main block) yang memuat Post, comment, dan beberapa iklan.

  5. Footer: adalah kotak paling bawah dari template. Seperti bagian header, kita juga memerlukan Footer wrapper untuk memuat sub-block yang lain di bagian footer.

  6. Main: Main-wrapper adalah kotak paling lebar dalam content wrapper. Di dalam main-wrapper terdapat Post block, comment block, date header, dan widget lain yang dibuat dari add page element option.

  7. Sidebar: adalah block yang memuat semua side widget- About me, label, archieve, text, Html and Javascript, adsense, dll. Dalam blogger template standard, kita sering menemukan satu sidebar saja, oleh karena itu disebut 2-column template (Main dan sidebar). Tapi sebenarnya mudah menambahkan banyak kolom sidebar. Yang paling banyak setelah satu sidebar adalah 2 sidebar atau 3-column template. Kita akan belajar itu nanti. Setelah mempelajari rangkaian tutorial ini, pertama kita pahami dulu struktur template, nanti akan terasa mudah menambahkan maupun memindahkan sidebar ke bagian kiri atau kanan main block.
  8. Blog Post: block ini memuat isi terpenting- Judul posting, post, Post author, label, dll.


Satu cara lain untuk melihat struktur ini adalah dengan melihat bagian hierarkis. Dimulai dengan kotak terbesar kemudian kotak-kotak di dalamnya, strukturnya terlihat seperti bagian di bawah ini :


Body


Outer-wrapper


Header-wrapper


Blog Title


Blog Description


Other widgets

Content-wrapper

Sidebar-wrapper (1,2,3...)

Main-wrapper

Date Header

Posts

Post Title

Post Content (or called Post Body)

Post Footer (Author, Labels, etc)

Comments

Feed Link

Other widgets (mostly ad units)

Footer-wrapper

Footer text (disclaimer, copyrights, etc)

Other widgets

Nah seperti itulah dasar struktur template blogspot. Sobat bisa mengubah warna, background dan ukuran dengan menggunakan css untuk template blogspot ini. Untuk belajar mengedit template blogspot ini saya sarankan sobat menggunakan template minima dari blogger. Karena kemudahan struktur cssnya yang membuat sobat tidak pusing saat mengedit template. Atau mungkin juga sobat ingin belajar membuat css secara offline, sobat bisa melihat artikel tutorial layout css.
Label:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan sopan...
Anda sopan, kami segan...
Dan maaf, dimohon untuk tidak menaruh link hidup pada komentar. Jika terdapat, mohon maaf akan saya hapus. trimakasih :)

Member