Teknologi Could Computing

Thursday, May 26, 2011 0 komentar

(sumber gambar : http://sempata.blogspot.com)
Could computing, apaan tuh? Mungkin kata ini masih terasa asing ditelinga kita. Kalo kita terjemahkan kedalam bahasa Indonesia Could itu awan, dan computing itu komputer. Jadi kalau digabung jadi komputer di awan? “yang bener aja, siapa juga yang mau maen komputer diatas awan. hehehe”. Maksud kata awan di sini adalah internet. Masih gak ngerti juga sama internet? Buset dah (-__-“). Jadi dimaksudkan disini adalah, could computing itu adalah komputer yang terhubung dengan internet, jadi bukan hanya terhubung tetapi kita bisa melakukan aktifitas kantor di dalamnya, seperti membuat laporan dengan excel melalui media google (http://google.com/apps). Banyak dah yang bisa digunakan disini. Kalau anda pernah denger kata-kata virtual office, itulah salah satu kegunaan dari could computing.

Pengertian lain dari om Wikipedia :

Menurut sebuah makalah tahun 2008 yang dipublikasi IEEE Internet Computing "Cloud Computing adalah suatu paradigma di mana informasi secara permanen tersimpan di server di internet dan tersimpan secara sementara di komputer pengguna (client) termasuk di dalamnya adalah desktop, komputer tablet, notebook, komputer tembok, handheld, sensor-sensor, monitor dan lain-lain."[5]
Komputasi awan adalah suatu konsep umum yang mencakup SaaS, Web 2.0, dan tren teknologi terbaru lain yang dikenal luas, dengan tema umum berupa ketergantungan terhadap Internet untuk memberikan kebutuhan komputasi pengguna. Sebagai contoh, Google Apps menyediakan aplikasi bisnis umum secara daring yang diakses melalui suatu penjelajah web dengan perangkat lunak dan data yang tersimpan di server. (Sumber : http://id.wikipedia.org).


Jadi dah punya bayangan kan apaan itu could computing?

Proses kerja could computing.

Komputasi awan ini sangat mudah di gunakan, seperti email, email yang dipasang oleh google (Gmail) contohnya. Gmail ini adalah aplikasi yang diinstal di awan(internet), kegunaannya sama dengan Microsoft Outlook yaitu untuk mengirim dan menerima email. Tetapi mengapa Gmail lebih banyak digunakan orang-orang untuk mengatasi email mereka? Ya karena penggunaan lebih mudah, kita bisa menerima email dari komputer manapun yang kita mau. Mau dari laptop, PC semua bisa tanpa harus menginstal aplikasi terlebih dahulu. Jadi singkatnya, proses kerja could coumputing (dengan menggunakan google) pertama, google sebagai penyedia layanan membuat aplikasi-aplikasi yang berguna untuk digunakan. Kemudian kita (user) ingin melakukan pekerjaan dengan media google tersebut, maka masuklah kita kedalam situs yang disediakan google untuk menggunakan aplikasinya, setelah masuk kita tinggal menggunakan aplikasi yang telah disediakan untuk menyelesaikan tugas kita. Gampang dipahami kan?

Implementasi cloud computing

Contoh aplikasi berbasis cloud computing adalah salesforce.com, Google Docs. salesforce.com adalah aplikasi Customer Relationship Management (CRM) berbasis software as services, dimana kita bisa mengakses aplikasi bisnis: kontak, produk, sales tracking, dashboard, dll.
Google Docs adalah aplikasi word processor, spreadsheet, presentasi semacam Microsoft Office, yang berbasis di server. Terintegrasi dengan Google Mail, file tersimpan dan dapat di proses dari internet.
BM baru-baru ini memperkenalkan layanan cloud computing terbaru khusus bagi pelanggan di Indonesia. Layanan baru tersebut lebih dirancang untuk meningkatkan fleksibilitas bisnis, efisiensi biaya, dan meningkatkan pengalaman pengguna.

Manfaat Could Computing
Ada beberapa keuntungan yang dapat dilihat dari perkembangan Cloud Computing ini, seperti
1. Lebih efisien karena menggunakan anggaran yang rendah untuk sumber daya
2. Membuat lebih eglity, dengan mudah dapat berorientasi pada profit dan perkembangan
yang cepat
3. Membuat operasional dan manajemen lebih mudah, dimungkinkan karena sistem pribadi atau
perusahaan yang terkoneksi dalam satu cloud dapat dimonitor dan diatur dengan mudah
4. Menjadikan koloborasi yang terpecaya dan lebih ramping
5. Membantu dalam menekan biaya operasi biaya modal pada saat kita meningkatkan
reliability dan kritikal sistem informasi yang kita bangun.

Kekurangan could computing

1.Karena berbasis internet maka informasi (dokumen) yang kita buat didalamnya sangat rawan, walaupun sudah terproteksi dengan kuat oleh penyedia layanan (google) misalnya, tetapi tetap saja keamanan data ini sangat sulit untuk benar-benar aman.
2. Karena digunakan di dalam server, maka jika server tersebut bermasalah (down) maka kita tidak bisa mengakses data kita.
3. Harus terhubung dengan internet. Jadi jika kita hanya mempunyai komputer yang stand alone, could computing tidak bisa kita terapkan.
Label:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan sopan...
Anda sopan, kami segan...
Dan maaf, dimohon untuk tidak menaruh link hidup pada komentar. Jika terdapat, mohon maaf akan saya hapus. trimakasih :)

Member