Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Artikel Yang Baik Dan Berkualitas untuk Mesin Pencari ( Google )

Cara Membuat Artikel Yang Baik Dan Berkualitas untuk Mesin Pencari ( Google )- Mungkin buat para sobat blogger punya gaya sendiri dalam membuat sebuah artikel, walaupun semua orang bebas menulis dengan gaya yang berbeda namun tidak ada salahnya kan jika saya memberikan tips untuk membuat artikel yang baik dan berkualitas versi saya sendiri. hehehe..

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh7c9OLXScBY7D3ow5_9dMWaSg-xxXN9On-4NLvwRWz-Px-oIiNJfBoKArm3r_hDATP3lrHny9-9k1pUMl4-8o9S5QVPfvR_5cPzSss-LeniPI1KndebjWPUiEhDlMz43SE9JQLxjcQBxFy/s1600/menulis+bisa+menghilangkan+stres.jpg

Tips ini ditujukan untuk artikel yang dimuat dalam blog pribadi atau artikel yang bukan bersifat formal. Karena jika untuk digunakan dalam artikel formal, sudah pasti tips ini akan ngaco karena disini saya menekankan, bagaimana membuat sebuah artikel dengan bahasa santai namun berkualitas di mata mesin pencari. Jika tujuan sobat mencari tips untuk membuat artikel resmi silahkan tutup halaman ini, karena tips ini bukan untuk artikel resmi, bisa-bisa saya nanti dituduh menyesatkan lagi. hehehe..

Ok, untuk membuat artikel yang baik dan berkualitas di mata search engine sebenarnya sangat mudah. Tanpa kita harus banyak melakukan trik-trik rumit, kita sudah bisa kok untuk membuat artikel yang baik dan berkualitas di mata google. Nah berikut adalah beberapa tips dari saya untuk membuat artikel yang baik dan berkualitas di mata mesin pencari (google)
  • Pilih Judul Yang Sesuai
    Pilihan judul yang tidak sesuai akan membingungkan para pembaca juga search engine. Karena pada dasarnya seseorang akan langsung memperkirakan isi artikel hanya dengan melihat judulnya saja, ya seperti buku, dengan melihat judul buku kita mungkin sudah bisa membayangkan apa isi dari buku tersebut. Bayangkan saja, jika sobat membuat sebuah artikel dengan judul "Cara mendapatkan ranking 1 di sekolah", tapi isi artikel tersebut adalah "cara memelihara ayam agar cepat bertelur". Gak nyambung kan? Secara gak langsung, sebenarnya search engine juga seperti itu, search engine atau mesin pencari seperti google, yahoo, dll akan melihat judul dari artikel sobat, kemudian mesin pencari pun akan melihat isi artikel tersebut apakah cocok dengan judulnya, dengan melihat kata-kata yang terkandung dalam artikel tersebutpun sudah bisa terlihat apakah artikel kita ini memang benar cocok atau tidak dengan judulnya. Mungkin sobat akan berfikir "ah, mustahil kalo search engine atau mesin pencari seperti google bisa mengerti apa yang kita tuliskan", namun kenyataannya sekarang search engine atau mesin pencari seperti google sudah semakin pintar loh? Seperti pada aplikasi google translate, dulu mungkin google translate hanya menerjemahkan artikel per kata saja, namun sekarang sepertinya google translate sudah semakin pintar, karena dari yang saya alami, sekarang google translate sudah bisa mentranslate artikel perkalimat, walaupun mungkin masih ada beberapa kekurangannya. Ya jadi, lebih baik pilih judul yang sesuai jika sobat benar ingin membuat artikel yang baik dan berkualitas di mata mesin pencari atau search engine seperti google.

  • Buat URL yang Pas
    Mesin blogspot yang sekarang sudah semakin canggih, kita bisa membuat url permanen sendiri. Bukan hanya dengan cara otomatis seperti mesin blogspot sebelumnya. Membuat URL yang pas akan membantu mesin pencari untuk mengindek artikel sobat sesuai dengan kata kunci yang sobat inginkan.

  • Buat Artikel Untuk Manusia, Bukan Untuk Robot
    Kata-kata ini saya pernah dengar di sebuah forum yang membahas tentang seo. Namun hal ini memang ampuh dalam membuat artikel yang berkualitas (karena sudah saya coba sendiri). Mungkin sobat bingung, memang apa sebenarnya artikel untuk robot? hal ini seperti yang saya bilang sebelumnya, pada point pertama. Biasanya banyak orang yang berfikir bahwa agar artikelnya bagus dimata mesin pencari, kita harus mem-bold kata kunci yang di inginkan, harus menaruh link pada tiap artikel yang menuju ke artikel lain dll agar search engine mudah untuk membaca artikel kita. Hal tersebut memang ada benarnya juga, namun lebih baik tidak perlu berlebihan.  Misalkan dalam 1 artikel kita cukup memberikan 1 buah link ke artikel kita lainnya, atau batasi mem-bold kata kunci hanya sampai 3 buah. Karena search engine lebih suka jika artikel kita bersih, dan nyaman dimata pengunjung. Dan pengunjung pun akan betah berlama-lama membaca artikel kita. Hal tersebut bisa jadi, menjadi perhitungan google untuk memberikan posisi terbaik pada artikel yang kita buat.

  • Jangan Lewatkan Interaksi Dari Pembaca
    Interaksi dari pembaca disini bisa seperti dengan menggunakan komentar. Karena sebenarnya komentar yang masuk juga akan di index google, jadi sayang sekali jika sobat menutup atau menghilangkan komentar dari artikel sobat.

Sepertinya sudah cukup dulu tips yang saya berikan. Untuk membuat artikel yang baik dan berkualitas tidak perlu aturan yang rumit kan? Tanpa harus mengubah gaya tulisan sobat, sobat pun bisa membuat artikel yang baik dan berkualitas dimata mesin pencari. Intinya hanyalah bagaimana agar tulisan yang sobat berikan dapat
dengan mudah diterima oleh pembaca, tidak perlu formal, namun bisa di mengerti oleh semua kalangan dan usia. Jika sobat masih bingung bagaimana membuat artikel yang enak dibaca oleh pengunjung blog sobat, coba deh sekali-sekali sobat posisikan diri sebagai pengunjung, dan membaca sendiri artikel yang sudah sobat buat. karena dengan kita memposisikan diri sebagai pengunjung akan lebih terlihat apakah artikel yang kita buat enak dibaca atau mudah dimengerti tidak sama orang lain. Jika menurut sobat masih belum, ya kita perbaiki lagi. Karena sayapun juga masih belajar dalam membuat artikel ini. Semoga bermanfaat :)