Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Presentasi Yang Baik dan Berbicara Di Depan Orang Banyak

Cara Presentasi Yang Baik dan Berbicara Di Depan Umum  - Presentasi, untuk sobat yang masih duduk dibangku sekolah atau mungkin di bangku kuliah pasti udah sering banget ni ngelakuin hal ini. Ya presentasi. Presentasi memang selalu bikin tegang, walaupun sudah sering di jalani tapi tetep aja tegang pas maju presentasi.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjWtdhPCBtKU11UxUAcbgfYAKbB0A1t95EVZqkuZKNJ0F-2vgyyMTgKDesGabzgxdEXBJS2AkkdnAE2ka-L_BFBZVy6a0GowXurMrSUIs9cWcw2mogkANZEC8jMtWfKt0jzaR_lCgTQNq4z/s1600/presentasi.jpeg 

Banyak hal yang membuat presentasi terasa menakutkan. Salah satunya adalah kurang percaya diri ( grogi ) jika bicara didepan orang banyak, namun ada juga yang tidak percaya diri pada penguasaan materi yang akan di presentasikan, pokoknya banyak deh yang bikin kita jadi kurang percaya diri untuk presentasi. Nah disini saya akan memberikan sedikit tips Cara Presentasi Yang Baik dan Berbicara Di Depan Orang Banyak , dari pengalaman saya kepada sobat semua.

1. Belajar Menatap Lawan Bicara
Grogi saat menatap lawan bicara? Sudah biasa, saya juga dulu begitu kok. Perasaan kurang nyaman aja jika kita menatap langsung mata dari lawan bicara kita. Tapi itu bisa dihilangkan kok, dengan terus berlatih untuk menatap mata lawan bicara setiap kita berinteraksi dengan orang lain, pasti nanti akan terbiasa dan akan membuat kita lebih percaya diri jika berbicara di depan mata orang banyak.

2. Kuasai Pertanyaan Sebelum Presentasi
Loh? Darimana kita bisa tau pertanyaan orang, kalo presentasinya aja belom dimulai? Mungkin agak aneh ya memang, tapi jika kita teliti slide atau power point yang akan kita presentasikan pasti secara gak sadar kita akan bertanya-tanya, ini maksudnya apa? Nah, disitu bisa kita bisa simpulkan kemungkinan besar hal yang ditanyakan adalah hal yang kita lihat itu. Jadi carilah jawaban dari materi yang sekiranya akan ditanyakan itu, kuasai materi tersebut, dijamin pasti sobat semua akan was wes wos deh saat menjawab pertanyaan.

3. Berikan Point Point-nya Saja dari Materi Yang Akan Kita Presentasikan
Dengan memberikan point-point pentingnya saja pada slide atau power point yang akan kita presentasikan akan lebih memudahkan kita untuk berbicara panjang lebar, tanpa harus membaca isi slide. Maksudnya, misalkan kita memberikan materi tentang tumbuhan, kita tulis saja pada slide dengan isi.

Tumbuhan
1. Daun
2. Batang
3. Akar

Nah dengan slide yang berisi point-point tersebut, maka kita bisa dengan bebas sesuai dengan bahasa yang sesuai dengan pikirian kita untuk mendeskripsikan tentang daun, batang dan akar.

4. Sisipkan Gambar dan Video Pada Slide atau Power Point
Sebuah gambar berisi ribuan kata. Ya ungkapan tersebut memang benar, dengan menyisipkan sebuah gambar pada slide atau power point kita, kita bisa mendeskripsikan banyak kata dari gambar tersebut. Selain itu, gambar dan video juga membuat orang yang memperhatikan presentasi kita lebih tertarik untuk mengikuti apa yang anda bicarakan dibandingkan jika anda hanya menyisipkan tulisan-tulisan saja pada presentasi yang anda bawakan.

5. Jangan Terlalu Serius
Sedikit celetukan yang membuat peserta presentasi tertawa lebih baik dibandingkan harus serius terus. Karena konsentrasi manusia mudah teralihkan, maka jika kita selalu serius akan membuat para peserta presentasi menjadi jenuh dan yang ada malah peserta presentasi akan lebih asik sendiri seperti ngobrol ke teman-temannya dan tidak memperhatikan kita. Nanti malah yang akan kita bicarakan malah tidak sampai ke peserta presentasi.

Dari semua tips yang ane kasih diatas yang paling penting adalah percaya diri. Percuma kalo sobat ngelakuin hal yang ane sebutin di atas tapi sobat gak percaya diri. Dijamin pasti gak berhasil presentasinya. Sekian dulu tips dan trik Cara Presentasi Yang Baik dan Berbicara Di Depan Orang Banyak, semoga bermanfaat.