Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Cepat Tidur Untuk Yang Insomnia

Cara Cepat Tidur Untuk Yang Insomnia – Masalah susah tidur biasanya dihadapi para remaja yang baru lulus sma atau para mahasiswa, diantaranya karena banyaknya libur dan jam tidur pun jadi banyak bertambah. Walaupun gak Cuma pelajar yang baru lulus atau mahasiswa saja yang bisa mengalami insomnia ini, para pekerja pun bisa mengalami insomnia ini.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEitgspXHBm97MFohqUWo8W3dgvDk8X6rxSYeJ8SQ6MF09UqCIyOCSB_OHhe4qBp-sMpJCEBaE5Io9EP6G_4VU7P4pPCnz_K8lFCCL9GfzafNF6mkTtdznidBU19DcR8LFPm8HLkmg_a-e8y/s1600/insomnia-woman1.jpg

Insomnia atau susah tidur sebenarnya sangat tidak baik untuk kesehatan terutama hati (liver), karena ada sebuah penelitian bahwa orang yang tidur larut malam rawan terkena kanker hati, karena hati akan bekerja maksimal saat kita tidur antara pukul 11 malam – jam 3 malam, jadi jika kita tidur sangat larut, maka hati tidak bisa bekerja maksimal dan hal ini bisa menyebabkan kanker hati.

Nah karena itu saya ingin berbagi pengalaman saya agar bisa tidur cepat kepada sobat semua. Cara ini tidak memerlukan banyak hal, cukup ikuti yang saya tulis di bawah ini, insyaAllah berhasil :

  1. Hindari kopi, rokok atau hal lainnya yang bisa menyebabkan mata menjadi segar kembali. Rokok atau kopi mengandung zat yang bisa menyebabkan mata menjadi segar kembali, jadi sebelum tidur usahakan agar sobat tidak merokok atau minum kopi, jika sobat ingin merokok atau minum kopi, sebaiknya lakukan 3 jam sebelum tidur, agar pada waktu tidur zat-zat yang bisa menyebabkan mata menjadi segar telah di netralisir tubuh, sehingga tubuh akan kembali normal seperti sebelumnya.

  2. Hilangkan pikiran sebelum tidur, saat ingin tidur sebaiknya sobat tidak memikirkan apapun, karena jika sobat memikirkan suatu hal, nanti hal tersebut malah bisa membuat otak bekerja lebih aktif, dan rasa kantuk itu malah hilang yang bisa menyebabkan insomnia. Pikiran yang biasanya mengganjal adalah masalah yang kita pikirkan esok hari seperti tugas yang belum selesai, atau hal mengerikan yang akan sobat lakukan esok hari dll.

  3. Berdoa sebelum tidur. Boleh percaya atau tidak, berdoa bisa membuat hati manusia lebih tenang, dan menyebabkan pikiran kita juga tenang. Jadi berdoalah sebelum tidur :)

  4. Jangan terlalu sering melihat jam saat mau tidur. Seperti yang saya tuliskan sebelumnya, karena gelisah akan hari esok, sobat jadi sering melihat jam saat tidur. Hal ini menyebabkan pikiran kita aktif dan akan sulit untuk tidur.

Sebenarnya masih banyak hal-hal yang bisa membuat orang susah tidur dan cara mengatasinya, salah satunya karena sobat sudah istirahat penuh dari siang sampai malam, dan ketika terbangun sobat jadi segar dan susah tidur malam, kemudian hal ini terus terulang sampai hari-hari berikutnya sehingga jadilah insomnia. Untuk hal ini sobat harus menstabilkan waktu tidur sobat, misalnya dengan tidak tidur seharian, sehingga badan menjadi lelah dan sobat bisa tidur di malam harinya untuk memperbaiki waktu tidur sobat.

Sekian dulu tips cara tidur cepat dari saya, semoga sobat bisa menerapkannya agar insomnianya tidak kambuh lagi. Hehehe.. Semoga bermanfaat :)