Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Merawat Catridge Printer Agar Tahan Lama

Tips Agar Catridge Printer Tahan Lama - Catridge printer yang rusak memang sudah menjadi hal biasa untuk sobat yang suka mengerjakan pekerjaan yang mengharuskan sobat mengeprint dalam jumlah banyak. Catridge printer yang tidak pernah dirawat juga bisa menjadi penyebab rusaknya catridge itu sendiri loh sob. Jangankan catridge, motor yang tidak pernah dirawat saja mungkin sedikit demi sedikit akan mengalami kerusakan kecil, dan jika masih terus digunakan pasti mesin tersebut juga akan rusak.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi1BgXwLCSVx3NUtKuzkVclsp-u0IsUQphdsYbVBM3xlQye5kVj1eRwxZfET1VkYu_3N8nIjBhzCihRFlUzAlcuXzwhf9R4lfRdfeCNIXjG566crd3tgFe30gCSfXJdvRfs3ExBmm-L6BM/s1600/16802-canon-cl-41-cl41-inkjet-cartridge-1.jpg


Yah sama seperti mesin motor yang akan rusak jika tidak pernah kita rawat, maka catridge printer pun juga akan cepat rusak jika kita tidak pernah merawatnya. Tidak percaya? silahkan buktikan. Tetapi pada artikel ini saya tidak akan memberi contoh bagaimana catridge printer bisa rusak. Tetapi disini saya akan memberikan sedikit tips merawat catridge komputer agar tidak cepat rusak atau Tips Merawat Catridge Printer Agar Tahan Lama. Silahkan sobat simak :

Tips Agar Catridge Printer Awet dan Tahan Lama :

1. Jangan ngeprint dalam jumlah banyak secara langsung, tapi kasih istirahat tiap 10 lembar, kira2x 2-5 menit, apalagi kalau ngeprint kualitas foto, kasih istirahat lebih banyak.

2. Jangan biarkan tinta habis terlalu lama, lebih bagus lagi sebelum habis diisi tinta dulu.

3. Jangan mendiamkan printer (tidak dipakai ngeprint) lebih dari 5 -7 hari. Jadi tiap minggu minimal harus ngeprint sekali yg hitam dan warna (gunakan untuk ngeprint foto)

4. Jangan sering gonta-ganti merk tinta, karen keenceran masing-masing merk tinta berbeda dan ini sangat berpengaruh pada head printer.

5. Untuk printer Infus, pastikan tinta mengalir dengan lancar menuju ke catridge, jangan sampai tersumbat.

6. Jangan isi tinta terlalu penuh karena akan menyebabkan tinta tidak keluar bahkan head akan bocor akibat tekanan yg terlalu berat dari tinta, jika hal ini terjadi maka sedot ulang tinta tersebut dengan refill kit yang ada.

Jarangnya menggunakan printer tersebut juga bisa menyebabkan catridge menjadi cepat rusak loh. Jadi usahakan untuk mengeprint walaupun print yang tidak berguna daripada mendiamkan printer berminggu-minggu. Hal ini bisa mencegah kekeringan pada tinta yang bisa menyebabkan catridge mampet dan cepat rusak. Semoga artikel singkat tentang Tips Merawat Catridge Printer Agar Tahan Lama ini bisa bermanfaat untuk sobat. Simak pula artikel tentang tips membersihkan catridge dari tinta kering pada printer.