Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menghemat Baterai Handphone Android

Cara Menghemat Baterai Handphone Android - Setelah kita membahas tentang bagaimana cara menghemat baterai blackberry sekarang ini adalah tips untuk menghemat baterai Handphone android yang cepat boros. Tips ini memang tidak jauh dari kata-kata saya sebelumnya, yaitu gunakanlah handphone tersebut secara bijak, jika memang ada aplikasi yang cepat memakan sumber daya baterai yang tidak diperlukan sebaiknya hapus saja aplikasi tersebut atau matikan proses aplikasi tersebut. hehe.. tapi masih banyak juga sih yang membuat baterai android ini menjadi boros.

batre android, cara menghemat batre


Mungkin akan menjengkelkan jika pada saat kita sedang asik bermain dengan handphone kita, tiba-tiba ada peringatan dari handphone tersebut, entah karena baterai lowbat dan yang lebih membuat kesal lagi handphone tidak memberikan pesan lowbat tetapi handphone tersebut langsung mati karena kebocoran baterai. Disini saya punya beberapa cara yang bisa sobat gunakan untuk menghemat baterai android yang dirangkum dari berbagai sumber :
 
1. Matikan aplikasi yang tidak digunakan lagi.

Ponsel ini memang mempunyai fungsi multitasking, sehingga pengguna dapat menjalankan satu aplikasi ke aplikasi lainnya tanpa harus mematikan aplikasi sebelumnya. Di satu sisi memang bagus, namun jeleknya aplikasi yang masih berjalan ini juga memakan energi, meski tidak digunakan.
Untuk melakukan ini, pengguna bisa melakukannya secara manual dengan mematikannya satu-satu. Namun, Anda juga bisa menggunakan aplikasi seperti ‘Advanced Task Killer’ untuk mematikan, atau menyortir aplikasi mana yang ingin ‘dibunuh’.

Selain itu, ada aplikasi lain bernama ‘Battery dry to Save Battery’. Aplikasi ini jauh lebih komplit, karena juga memberikan informasi tambahan aplikasi mana saja yang memakan energi besar.

2. Mengurangi kecerahan layar

Anda tidak perlu resolusi pencahayaan yang besar saat siang atau berada di luar ruangan. Jadi, layar di perangkat Anda bisa dikurangi untuk menghemat baterai.
Caranya cukup mudah, masuk ke menu ‘setting’, lalu pilih ‘display, setelah itu pengguna bisa mengatur kontras warna dan rasio kecerahaan.

3. Matikan live wallpaper

Ponsel Android memang sangat keren bila muncul dengan walpaper yang bisa bergerak-gerak. Akan tetapi, sayangnya ini cukup menguras tenaga bagi baterai handsetnya. Ada baiknya Anda cukup mengganti walpaper biasa, untuk mengemat baterai.

4. Mobile network

Komputer dalam genggaman memang disematkan untuk ponsel Android ini, karena kemampuannya untuk menjelajah dunia maya sangat mengagumkan. Tapi bila Anda sedang tidak dalam keadaan online, ada baiknya memang jaringan mobile dimatikan untuk menghemat kondisi.
Caranya, masuk ke menu setting, lalu pilih Wireless and network, setelah itu baru pilih mobile network, kemudian pilih fungsi ‘off’.

Semoga tips dari cara menghemat baterai handphone android ini bisa berguna untuk sobat, dan sobat tidak lagi terganggu dengan pesan lowbat yang keluar dari handphone itu. hehehe..