Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ngeblog? Sambil Bisnis Donk


Ngeblog? Sambil Bisnis Donk, ya mungkin itulah judul yang cocok untuk postingan saya kali ini. pada artikel kali ini saya ingin menjelaskan tentang macam-macam bisnis online. kebanyakan orang-orang mengira bahwa blog-blog yang bisa menghasilkan uang (dibuat bisnis)adalah blog-blog dengan menggunakan bahasa inggris saja. padahal sebenarnya banyak cara berbisnis online dengan menggunakan blog berbahasa indonesia. ya, walaupun penghasilan dari blog berbahasa indonesia ini tidak sebanyak dengan hasil dari blog berbahasa indonesia.
berikut akan saya bahas tentang apa saja bisnis yang dapat dijalankan dengan menggunakan blog berbahasa indonesia.

1. bisnis affiliate

sistem bisnis ini dilakukan dengan cara kita mempromosikan barang-barang yang dijual pada situs-situs tertentu. dan setiap barang tersebut laku terjual karena pembeli tersebut membeli melalui blog kita, maka kita mendapatkan komisi sekitar 6% dari harga penjualan tersebut. situs yang menyediakan bisnis tersebut seperti contohnya www.amazon.com. daftar saja, dijamin gratis. :)

2. bisnis reseller

sistem bisnis ini dilakukan dengan cara kita menjadi member dari situs tersebut. pendaftarannya pun tidak gratis, sebelum menjadi member kita diharuskan membayar sejumlah uang kepada situs tersebut. tetapi keuntungan dari bisnis ini adalah kita mendapatkan komisi sebesar 40-50% dari penjualan produk yang ditawarkan melalui referral kita. contoh situs yang menyediakan bisnis tersebut adalah www.panduandasar.com.

3. menjual produk sendiri

sistem bisnis ini mengharuskan kita membuat sebuah produk yang berkualitas dan dibutuhkan oleh banyak orang. nah jika produk anda disukai dan pembeli tersebut suka dengan sesuatu yang anda buat (semisal ebook). maka anda akan mendapat komisi sebesar 100% dari harga penjualan. tetapi jangan lupa, informasi yang anda jual harus yang berkualitas jangan yang asal-asalan.

4. menjadi publisher

menjadi publisher adalah sistem bisnis yang biasa kita lihat jika kita berkunjung ke blog orang (blog walking), dan kita melihat ada iklan-iklan di blog mereka. seperti iklan di blog saya juga tentunya. :) anda juga pernah mendengar google adsense? nah itu juga jenis bisnis online seperti yang saya ceritakan yaitu menjadi publisher. nah karena di google adsense tidak menerima blog-blog yang berisikan tentang tuisan-tulisan berbahasa indonesia. maka kita bisa menggantinya dengan kumpul blogger. kita dapat mendaftarkan pada situs www.kumpulblogger.com atau juga bisa di adsensecamp yang dapat kita lihat di www.adsensecamp.com komisi yang kita dapat adalah merupakan hasil klik dari pengunjung. tapi ingat, jangan mengklik iklan sendiri, karena dibanned lah resikonya.

5. direct advertiser

sama seperti publisher, bisnis ini biasanya dilakukan jika traffic kita sudah cukup tinggi. mengapa? karena bisnis ini merupakan jasa agar seseorang pemasang iklan mau memasang iklan yang berada di blog kita. harganya? ya kita tentukan sendiri lah. 100% komisinya buat kita loh... nah jadi gak ada salahnya kan jika kita ngeblog, menyalurkan hobi kita sambil berbisnis ria. :) nah jika ada tambahan dari teman-teman bisa ditulis di komentar... salam blogger