Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kalkulator Simulasi Kredit Pinjaman Angsuran Bunga Flat, efektif, RC, dan Anuitas



Besar Pinjaman (Rp.): 
Bunga (%):            
Lama Angsuran :       
Jenis Pinjaman :      


Angsuran ke Angsuran Pokok Bunga Jumlah Sisa Pokok

Apa itu Kalkulator Simulasi Kredit Pinjaman dan Bagaimana menggunakannya? Silahkan klik DISINI

1. Flat Rate yaitu Pembebanan bunga setiap bulan tetap dari jumlah pinjamannya, demikian juga angsuran (cicilan) pokok juga akan tetap sampai pinjaman lunas.

2. Sliding Rate kadang juga disebut efektif yaitu Pembebanan bunga setiap bulan akan disesuaikan dengan sisa pinjamannya, sehingga angsuran (cicilan) bunga akan menurun seiring dengan berkurangnya nilai pinjaman. Tetapi angsuran pokok akan tetap.

3. RC Rate kepanjangan dari rekening koran yaitu Pembebanan bunga yang tetap setiap bulannya namun tanpa angsuran pokok, biasanya angsuran pokok hanya dibayarkan di akhir masa/periode pinjaman.

4. Anuitas Rate Jumlah angsuran yang kita bayar kepada pihak pemberi kredit tidak berubah selama jangka waktu yang telah ditetapkan sebelumnya. Akan tetapi walaupun komposisi besarnya angsuran pokok dengan angsuran bunga akan berbeda setiap bulannya. Tetapi mengahasilkan jumlah total angsuran yang sama setiap bulannya, dimana angsuran pokok akan semakin besar sedangkan angsuran bunga akan semakin mengecil.