Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Script Anti Copas , Anti Block , Ctrl + u , Ctrl + c

Script Anti Copas , Anti Block , Ctrl + u , Ctrl + c - Bagi sobat blogger yang suka kesel atau marah sama orang yang copas atau copy paste artikel blog sobat tanpa izin pasti ingin kan artikel dan blognya dilindungi? Walaupun banyak juga blogger yang biasa saja jika artikelnya dicopas, tapi pasti ada juga blogger yang gak terima jika artikelnya dicopas tanpa ijin? Namun bagaimanakah cara untuk melindungi agar artikel di blog tidak di copas atau copy paste begitu saja?


 Cara mudahnya adalah dengan menggunakan script yang bisa ditempel pada template sobat. Script ini berfungsi untuk me-nonaktifkan fungsi block pada artikel blog, juga berfungsi untuk me-nonaktifkan shortcut-shortcut dasar seperti CTRL+U (membuka page source) dan ctrl+c untuk mengcopy, Karena pada dasarnya shortcut inilah yang biasa digunakan orang untuk mengcopas atau copy paste artikel sobat. Bagaimana cara memasang script tersebut didalam template (blogspot) ? ikuti cara dibawah ini :
  1. Buka akun blogger anda, kemudian masuk ke rancangan > Edit HTML

  2. Kemudian cari tag <body> atau <body class …> kemudian ganti dengan kode dibawah ini :

    <body oncontextmenu='return false;' onkeydown='return false;' onmousedown='return false;'>

    jika kode diatas tidak berfungsi saat dikopas kedalam template sobat, silahkan sobat ketik manual.

  3. Usahakan jika ingin mengedit template, backup dulu templatenya agar jika terjadi kesalahan template bisa kembali normal.

  4. Klik tombol simpan template, dan selesai.

Simpel bukan? Tanpa harus menambah script macam-macam sobat bisa langung memproteksi artikel sobat. Mudah-mudahan saja dengan script ini blogger yang ingin meng copas artikel sobat jadi sadar bahwa sobat tidak ingin artikel blognya di copas, jadi mereka bisa lebih menghargai dengan meminta izin untuk mengcopas artikelnya. Semoga bermanfaat