Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat File Word ( DOC atau DOCX ) menjadi PDF

Cara Membuat File Word ( DOC atau DOCX ) menjadi PDF - Tulisan biasanya lebi enak jika dibaca dengan format PDF, Ya, walaupun sama saja tapi bagi saya ada yang beda jika kita membaca tutorial atau sebuah artikel dengan format word. Fitur yang saya suka dari pdf reader adalah handtool nya, yaitu dimana kursor menjadi tangan. Jadi jika kita klik kiri pada artikel di pdf tersebut, seolah-olah kita menarik artikel tersebut, baik ke atas maupun kebawah, namun jika menggunakan word, mau gak mau kita harus menggunakan scroll mouse untuk menuju ke halaman bawahnya. ribet kalo saya bilang mah... hehehe..

Nah disini saya mau memberikan sebuah tutorial (atau apalah namanya) untuk mengubah file word ( doc atau docx ) menjadi sebuah file pdf . Untuk membuatnya kita perlu sebuah software virtual printer yaitu dopdf yang bisa kita download di http://www.dopdf.com/download.php .  Jangan khawatir, software ini dikembangkan oleh programmer yang baik, jadi gak perlu beli alias gratis.. hahaha... *gue banget.. :p *

nah kalo udah di download, instal software dopdf tersebut, di next2 aja, kalo sobat lagi buka file-file office macem ms.word, ms. powerpoint mending ditutup dulu, biar proses instalasinya lancar. Kalo udah diinstal sobat buka lagi file yang mau sobat jadiin pdf, kemudian sobat buka menu windows>print atau sobat menggunakan shortcut print dengan menekan tombol ctrl+p . Jika sudah pada namenya sobat cari nama doPDF kemudian tekan OK. Seperti pada gambar dibawah :


Setelah sobat pilih ok, aplikasi ini akan membuka sobuah windows yang berfungsi untuk membuat nama file pdfnya, kemudian mau disimpan dimana file pdf tersebut.


Jika sudah diberi nama dan di atur tempat menyimpannya, sobat klik ok dan selamat, file pdf anda sudah selesai. Sobat bisa membuka file tersebut di lokasi yang telah sobat tentukan sebelumnya. Oh iya, dopdf ini bukan hanya bisa membuat file doc atau docx menjadi pdf saja, tetapi semua file office seperti power point, excel dan lainnya menjadi file pdf juga, jadi sobat tidak perlu mencari satu satu di google, Cara DOC atau DOCX menjadi PDF , Cara powerpoint PPT menjadi PDF , Cara excel XLS menjadi PDF. Tetapi hanya dengan dopdf ini sobat bisa melakukan konversi ke semua tipe.. Semoga bermanfaat :D