Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Game Komputer , Jenis-Jenis Game Komputer dan Sejarahnya

Game komputer adalah permainan yang terdapat dan bisa dijalankan (dimainkan) didalam komputer. Game komputer berbeda dengan game-game yang di mainkan dalam game console (konsol permainan) seperti play station , xbox dan lain sebagainya. Walaupun game konsol bisa juga dimainkan di dalam komputer, namun jika kita menjalankan (memainkannya) didalam konsol maka game tersebut tidak dapat disebut sebagai game konsol.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgpG6tbITodscZFD7o_cs3TacVHUsY1sIhbbyRvI7UzbyPl-ibEBvgUktxXF7e4AkoLCX_TMNPXRtV07rr9Vz2DAuro5a1SkuyRitLeHkeF1fBIB765YmP96dcqboroIjmtzbOLIUCJPmk/s400/g.JPG

Game komputer juga banyak jenisnya, dan dari game komputer tersebut kita tidak hanya bisa bermain dengan kecerdasan buatan komputer saja, tetapi kita memainkan game bersama teman-teman (multiplayer) tentunya komputer yang kita gunakan untuk bermain game ini haruslah terhubung, baik dengan menggunakan kabel (LAN), WIFI , dan Internet.

Dibawah ini adalah jenis atau klasifikasi beberapa game :

Simulation Games

Video Game jenis ini seringkali menggambarkan dunia di dalamnya sedekat mungkin dengan dunia nyata dan memperhatikan dengan detil berbagai faktor. Dari mencari jodoh dan pekerjaan, membangun rumah, gedung hingga kota, mengatur pajak dan dana kota hingga keputusan memecat atau menambah karyawan. Dunia kehidupan rumah tangga sampai bisnis membangun konglomerasi, dari jualan limun pinggir jalan hingga membangun laboratorium cloning. Video Game jenis ini membuat pemain harus berpikir untuk mendirikan, membangun dan mengatasi masalah dengan menggunakan dana yang terbatas. Contoh: Sim City, The Sims, Tamagotchi.

Organizational-Dynamic Games

Game Online adalah game yang menggunakan internet network sehingga game ini dapat di mainkan atau di akses oleh siapa saja. Selain itu game ini juga tidak hanya dapat di akses oleh penduduk lokal saja tetapi bahkan hingga keluar negeri.

      First Person Shooter(FPS)

      Sesuai judulnya game ini mengambil pandangan orang pertama pada gamenya sehingga seolah-olah kita sendiri yang berada dalam game tersebut, kebanyakan game ini mengambil setting peperangan dengan senjata-senjata militer (di indonesia game jenis ini sering disebut game tembak-tembakan). Contoh : Call of Duty, Counter Strike, Half Life dan sebgainya.

      Real-Time Strategy(RTS)

      Merupakan game yang permainannya menekankan kepada kehebatan strategi pemainnya, biasanya pemain memainkan tidak hanya 1 karakter saja akan tetapi banyak karakter.


      Cross-Platform Online

      Merupakan game yang dapat dimainkan secara online dengan hardware yang berbeda misalnya saja need for speed undercover dapat dimainkan secara online dari PC maupun Xbox 360(Xbox 360 merupakan hardware/console game yang memiliki konektivitas ke internet sehingga dapat bermain secara online).


      Browser Games

      Merupakan game yang dimainkan pada browser seperti Firefox, Opera, IE. Syarat dimana sebuah browser dapat memainkan game ini adalah browser sudah mendukung javascript, php, maupun flash.


      Massive Multiplayer Online Games

      Game dimana pemain bermain dalam dunia yang skalanya besar (>100 pemain), setiap pemain dapat berinteraksi langsung seperti halnya dunia nyata

      Contoh dari beberapa macam game online adalah :

      - Ragnarok Online
      - RF online
      - Perfect World
      - Yugioh! Online
      - Ayo dance!
      - Rohan Online
      - dll.


      Casual games

      Sesuai namanya, game yang casual itu tidak kompleks, mainnya rileks dan sangat mudah untuk dipelajari ( bahkan cenderung langsung bisa dimainkan ). Jenis ini biasanya memerlukan spesifikasi komputer yang standar pada jamannya dan ukurannya tidak lebih dari 100 MB karena biasanya dapat di download versi demo-nya di website resminya. Genre permainannya biasanya puzzle atau action sederhana dan umumnya dapat dimainkan hanya menggunakan mouse ( biasanya game lain menggunakan banyak tombol tergantung game-nya ). Contoh: Diner Dash, Sally Salon, Bejeweled, Zuma, Feeding Frenzy, Insaniquarium.

      Game komputer juga memiliki sejarah yang panjang dalam perkembangannya sampai menjadi seperti saat ini. Dulu, game komputer tidak bisa bermain dengan pemain lain (single player), gamer (pemain game) hanya bisa bermain game dengan cara melawan musuh (kecerdasan buatan komputer). Dan di saat tertentu pengembang game mulai memikirkan bagaimana jika game yang dibuat bisa membuat pemain bersaing dengan pemain lainnya, kemudian diciptakanlah game online. Untuk sejarah perkembangan game komputer ini, lebih jelasnya pada tulisan dibawah ini :

      Tahun 1952, di Universitas Cambridge, A.S Douglas menulis sebuah tesis untuk gelar sebuah PhD-nya mengenai interaksi antara komputer dan manusia. Dalam tesisnya itu ia menciptakan game komputer dari sebuah permainan tradisional bernama Tic-Tac-Toe. Game ini diprogram dengan memakai komputer EDVAC vacuum tube yang memiliki layer berupa cathode ray tube (CRT).

      Kemudian di tahun 1958. William Haginbotham menciptakan video game pertamanya. Berbeda dengan Douglas, video game pertamanya yang berjudul Tennis for Two diciptakan dan dimainkan di osciloscope.

      Tapi game komputer pertama yang benar-benar diciptakan menggunakan komputer betulan adalah Spacewar. Saat itu di tahun 60-an, komputer adalah barang sangat mewah. Dan biasanya komputer dipakai untuk kepentingan riset dalam dunia militer. Tapi seseorang bernama Steve Russel memiliki ketertarikan akan hal lain. Dia dan teman-temannya sangat nge-fan dengan kisah fiksi ilmiah berjudul Skylark karangan Edward E Smith. Dari situ mereka membuat sebuah game bernama Spacewar. Kebetulan juga, Steve Russel bekerja menggunakan sebuah komputer mainframe bernama MIT PDP-1 yang biasa dipakai untuk perhitungan statistik. Dengan komputer itulah dia membuat Spacewar di tahun 1961.

      Game generasi kedua

      Di tahun 1971, Nolan Bushnell bersama dengan Ted Dabney menciptakan game ber-genre arcade yang pertama. Dinamai Komputer Space, game itu didasari oleh Spacewar. Tahun 1972, Nolan dan Ted memulai Atari komputer. Kemudian dia mengembangkan game berjudul Pong yaitu game pertama yang tersedia untuk publik. Karena game-game sebelumnya hanya ada di dalam komputer mainframe untuk kesenangan sendiri saja. Asal usul Pong dimulai saat Nolan ingin membuat game sederhana dan mudah dimengerti. Dengan memory dan micro processor kelas rendah, kemampuan proses yang terbatas dan grafis yang sederhana, akhirnya dia membuat versi elektronik dari permainan ping pong yang kemudian menjadi Pong.

      Sedikit selingan, Pong kemudian berevolusi menjadi sebuah game bernama Breakout. Game itu diciptakan oleh Steve Jobs untuk Atari. Dari situ, Steve Jobs dan temannya Steve Wozniak mulai berpikir untuk menciptakan sebuah PC. Kemudian mereka meminjam semua peralatan yang dipakai dalam proyek Breakout dan membuat sebuah prototype bernama Apple I. dan itu adalah cikal bakal dari komputer Apple Macintosh yang ada sekarang.

      Pada tahun 1980, Atari mengeluarkan game berjudul Asteroid dan Lunar Lander. Kedua game tersebut adalah game pertama yang didaftarkan pada kantor hak cipta untuk mendapatkan paten. Asteroid merupakan game yang penuh inovasi baru dalam grafisnya. Daripada menggunakan metode raster, game ini merupakan grafis vector line seperti yang ada pada osciloscope.

      Pengenalan Atari Video komputer System (Atari 2600) dengan CPU biasa dan slot untuk kasetnya, menjadi suatu era baru dalam dunia game. Di tahun 1980 itu juga menunjukkan penjualan yang meningkat dari PC yang biasa dipakai untuk game.

      Dan saat ini game sudah berkembang sangat canggih, mulai dari tampilan (grafik) sampai pada peralatan yang bisa membuat manusia merasa menyatu dengan game yang dimainkannya.

      refrensi :

      http://id.wikipedia.org/wiki/Permainan_komputer
      http://siputrasite.blogspot.com/2011/02/jenis-jenis-game-pc.html
      http://inron01.blogspot.com/2008/11/sejarah-game.html