Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menghilangkan Rasa Malas Dalam Belajar , Bekerja dan Beribadah

Cara Menghilangkan Rasa Malas Dalam Belajar , Bekerja dan Beribadah - Rasa malas tidak akan kenal waktu, dalam bekerja , belajar maupun beribadah pasti rasa malas bisa datang. Dan perlu sobat ketahui, jika rasa malas itu bukanlah sebuah penyakit, tetapi muncul dari kebiasaan dan godaan dalam diri. Jadi untuk menghilangkan rasa malas tersebut kita tidak bisa melakukannya hanya dengan sesekali paksaan saja, tetapi kita harus bisa memaksakan diri kita untuk menghilangkan rasa malas tersebut.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjjIlNLRRyr2Jp3YmXFmiELVtUtpIXKLPgIagqMEcwSboYeTaul0uF1yO1H0didwYnr17pGqs-MwqYQ2LZCHhLFDDXXLLr42F1lDEG2MsB_lp6XynBn1B9eZOkRPDtDZRF1C_aUp1sMaq0/s1600/malas.jpg

Kita ambil contoh jika kita ingin menghilangkan rasa malas bangun pagi. Jadi sebisa mungkin kita harus mendisplinkan diri kita untuk bangun pagi, bagaimanapun caranya, mau sobat langsung guyur muka pakai air atau mungkin langsung nyemplung ke kolam pasti nanti sobat akan segar kembali dan rasa malas itu akan hilang dengan sendirinya. Untuk lebih spesifik, lakukan tips menghilangkan rasa malas dengan cara dibawah ini :
  1. Membasuh muka atau mandi ketika kantuk menyerang.
  2. Mengubah posisi duduk ketika membaca. Misalnya dari duduk berubah menjadi berdiri, namun disarankan jangan dari duduk terus berbaring bisa berbahaya atau bisa kebablasan tidur.
  3. Berpindah dari ruang baca ke kamar yang lain. Kalau sebagai anak kos bisa disiasati, berpindah dari kamar kita ke beranda kos, ruang tamu atau bahkan bisa juga ke dapur.
  4. Menghirup udara yang segar dengan cara berdiri di dekat jendela atau membuka jendela jendela kamar lain untuk menambah kesegaran. Sebagai anak kos bisa disiasati dengan menciptakan aroma terapi, misalnya dengan menyemprot ruangan dengan wangi wangian dan jika ada kipas angin, bisa menyetel kipas untuk menyebarkan wangiwangian tersebut ke segala ruang. Karena mungkin tidak semua anak kos mempunyai jendela kamar.
  5. Berjalan-jalan sebentar di sekeliling rumah. Bisa diganti dengan kegiatan yang lain misalnya merapikan rak yang berantakan, atau kegiatan yang lain yang bisa menggerakkan otot-otot kita.
  6. Berbincang-bincang sebentar dengan keluarga atau teman sekos namun mengenai hal mubah bukan keharoman. Hati-hati jangan sampai lupa tujuan utama dalam berbincang bincang yaitu untuk menumbuhkan semangat, bukan untuk ngobrol bahkan mengghibah.
  7. Berdiri membuat secangkir kopi, teh, susu atau juice untuk menghilangkan kebosanan dan menjernihkan akal.
  8. Mengubah kegiatan ketaatan. Misal bosan menghafalkan surat berganti dengan membaca, jika membaca bosan bisa diganti dengan mendengarkan kajian lewat CD. Itulah beberapa tips agar kita bisa terjauh dari penyakit malas. Akan tetapi yang paling utama jangan sampai kita lupa berdo’a agar Alloh senantiasa memberi kita semangat dan agar menjauhkan diri kita dari penyakit malas tersebut. 

Inti dari semua tips ini adalah : Paksakan diri sobat untuk keluar dari rasa malas tersebut, kemudian sobat cari cara sendiri yang bisa membuat sobat semangat kembali, entah dengan membaca buku biografi orang sukses atau mendengarkan musik yang bisa membakar semangat, pasti deh rasa malas itu akan hilang dengan sendirinya :)