Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

SEO (Search Engine optimization )



SEO yang dalam bahasa Indonesia kita kenal dengan Optimasi Mesin Pencari, adalah sebuah teknik yang digunakan untuk mengoptimalkan mesin pencari agar website atau blog kita bisa mendapatkan ranking tertinggi di dalam mesin pencari. Seperti pada saat kita mengetikan sesuatu yang kita cari di google maka google akan menampilkan web-web yang sesuai dengan sesuatu yang ingin kita cari. Dan link website yang pertama itulah yang mempunyai ranking tertinggi dalam keyword tersebut. Banyak yang teknik SEO nya tidak berjalan sempurna karena keyword yang digunakan di blognya kurang mengena untuk pencarian user. Misalnya kita membuat keyword dengan kata “langkah2 membuat blog”, tetapi user mencari dengan keyword “cara membuat blog” atau “langkah langkah membuat blog”. Dari sini bisa kita lihat pasti keyword kita akan kalah dengan web-web lain yang mungkin keywordnya lebih mendekati. Karena pada saat kita mengetikan kata tersebut, google akan mencari keyword yang semirip mungkin dengan yang dicari user, sedangkan dari contoh diatas, kita menggunakan kata “langkah2” (langkah langkah red.). jadi usahakanlah kita membayangkan untuk menjadi user yang ingin mencari tema yang sesuai dengan isi blog kita menggunakan keyword yang pas.

SEO biasanya digunakan untuk membuat blog/web kita didatangi banyak pengunjung. Jadi kalo gak mau di datangi banyak pengunjung (web/blog rahasia) ya gak usah pake SEO :D . Banyak sekali cara-cara untuk melakukan SEO, hal yang termudah adalah blog walking. Blog walking ini adalah cara dimana kita mempromosikan web/blog kita kepada blogger lain. Jadi secara gak langsung kita bisa menyapa sambil promosiin blog kita. Misal kita berkunjung ke suatu blog, terus di blog yang kita kunjungin ada kotak chat gitu, nah disitulah kita isikan kata-kata yang baik dan sopan untuk menyapa yang mpunya blog tersebut sambil promosi, misal “hallo, salam kenal gan. Blognya bagus ni, kunjungin juga blog gue ya??”. Biasanya kalo blogger yang kita sapa ntu juga hoby blog walking, kemungkinan besar die bakal balik berkunjung ke blog kita, n bisa jadi orang yang blog walking ketempat orang ntu trus die ngeliat nama blog lu lagi blog walking, eh terus die dateng deh ke blog kita juga.. lebih cepet kan??? Nih, langkah-langkah blog walking yang baik dan benar versi gue :

1. Basa basi ntu penting.

Ya mungkin lu semua juga pernah ngerasain kan kalo ada orang tiba-tiba dateng
langsung promosiin blog die tanpa basa basi, pastinya kesel kan??? Jujur..

2. Puji dikit kaga masalah.

Mungkin lu bukan orang yang gila pujian, tapi seenggaknya lu lebih seneng ada
orang yang muji blog lu sambil promosi apa orang yang maen nylonong tanpa
babibu langsung promosi.
3. Ikutin terus perkembangan blog dia, kalo perlu sambil komentar di artikelnya.

Ini mungkin pengalaman pribadi gue, gue liat di kotak chat banyak banget yang
blog walking, tapi yang komentarin blog gue dikit amat -___-“

Dsb…

Balik ke masalah SEO. Sebenernya teknik SEO ntu luas, gak Cuma sekedar blog walking. Malah didalam dunia per SEO-an ada juga yang dikenal dengan White hat SEO ama Black hat SEO. Disini gue kaga jelasin apa ntu black hat seo n apa ntu white hat SEO. Googling sendiri ya?? :P

Banyak cara untuk melakukan SEO seperti :
1. Daftar di Search Engine

Kalo di google kita bisa daftarin di sini
2. Blog walking

3. Pake keyword yang baik n benar

4. Iklan di web yang nyediain iklan gratis

5. isi konten yang menarik

6. dll..

Kalo yang gue lakuin buat ini blog sih masih sebatas blog walking ama daftarin di google aja, kalo lu pada mau daftar di search engine lain juga banyak kok. Kayak yahoo dll.. trus kalo mau ngecek page ranknya bisa diliat di google page rank.

Salam blogger