KGOS, KARYA ANAK BANGSA YANG GAK KALAH KEREN

Wednesday, January 5, 2011 0 komentar



Lagi googling tentang sistem operasi terbaru eh, nemu blog yang isinya “Warga kendal Punya OS”, gitulah kira-kira judulnya.. Pada tau kan kendal itu apa? Kalo masih gak tau juga kebangetan banget udah jadi warga negara indonesia lama juga (padahal gue sendiri juga baru tau,hehehe..). Iya, kendal itu adalah nama daerah di jawa tengah, jadi warga kendal ini ingin agar warga dan pemerintahan di kabupatennya bisa menggunakan OS yang bukan bajakan dan lebih murah, jadi enggak banyak pengeluaran deh buat komputer aja. Bayangin aja kalo dikabupaten kendal kalo pemerintahannya menggunakan 30 unit komputer dengan menggunakan OS windows. Tarolah disetiap 1 pc windows narifin duit 1juta, dikali 30 pc udah 30jutaan kan, jadi lumayan juga buat penghematan kas pemerintah (ini permisalan ya???). Dan di artikel yang saya baca juga Berkat KGOS ini Masyarakat Kendal dapat menghemat Rp 300 juta untuk tiap pembelian software. Waw, lumayan juga kan kalo diitung-itung. Selain pemerintahan yang bisa menghemat uang kasnya, warga juga bisa menghemat uang buat pembelian software.
KGOS ini di lucurkan pada tanggal 10 januari 2010, dan sebenernya ini juga bukan OS baru. Melainkan ini OS rancangan ulang dari distro OS ubuntu. Ya walaupun bukan murni bikinan sendiri, setidaknya hal ini bisa kita contoh, daripada kita pake barang bajakan. Selaen dosa (pake tanpa izin) ini juga bisa bikin kita terlibat masalah hukum. Bayangin aja coba, kalo kita baru beli komputer/laptop kreditan, dan sebelom kreditnya lunas kita dipenjara dipenjara gara-gara ketawan pake OS bajakan. Gak banget kan?? Hehehe..
Balik ke OS, fitur-fitur yang disediakan dalam paket OS ini juga cukup lengkap kok. Kayak GIMP, Inkscape, Scribus, Blender (pengolah foto, desain vektor, desktop publishing), music player Audacious2, video player VLC Media Player, aplikasi pemercantik desktop Compiz, Emerald, AWN Manager, Screenlets Start-Up Manager, browser Firefox, Chromium, aplikasi chatting Kopete, aplikasi webcam Cheese Webcam Booth, dan aplikasi FTP Filezilla, serta emulator Windows Wine. Jadi cocok banget dipake buat orang yang gak mau ribet-ribet instal macem-macem, kalo mau ngetik udah ada open office, mau online ada firefox. Lengkap dah..
Hal ini bisa dicontoh untuk pemerintahan kota-kota besar kayak di jakarta yang teknologinya sudah lebih berkembang dibanding warga-warga daerah. Selain bisa mengajarkan masyrakat untuk tidak memakai produk bajakan, pemerintah juga bisa menghemat pengeluaran untuk sistem yang digunakan pemerintah. So kalo mau kreatif dikit ternyata manfaatnya banyak loh..
Label:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan sopan...
Anda sopan, kami segan...
Dan maaf, dimohon untuk tidak menaruh link hidup pada komentar. Jika terdapat, mohon maaf akan saya hapus. trimakasih :)

Member